Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Mengenal Kode Warna Biru KTP Sebelum Mengambil Foto

 

Kode Warna Biru KTP

Saat melakukan sesi foto, kode warna biru KTP menjadi salah satu background yang digunakan. Tentu tidak bisa sembarangan saat memilih warnanya hanya terdapat dua pilihan yaitu merah dan biru, bahkan penggunaannya juga sudah diatur kapan penggunaan.

Hal ini tentu disesuaikan dengan tahun dari orang itu lahir. Di mana untuk tahun lahir ganjil akan menggunakan warna merah sedangkan kelahiran genap menggunakan biru. Pada dasarnya biru juga memiliki banyak jenis bisa dipilih.

Kegunaan Kode Warna Biru KTP yang Perlu Orang Ketahui

Diketahui pada KTP background dari dua warna tadi memang menjadi salah satu hal perlu mendapat perhatian. Karena hal ini akan berlaku seumur hidup dan akan menunjukkan identitas serta memenuhi tuntutan administratif saat pembuatan.

Tidak hanya pada KTP penggunaan latar belakang pada jenis pas foto lain rata-rata menggunakan aturan yang sama. Yaitu biru untuk tahun genap dan merah untuk tahun ganjil sesuaikan dengan tahun kelahiran Anda apakah menggunakan kode warna biru KTP.

Ternyata dalam penggunaan kode warna biru tidak hanya digunakan di Indonesia, melainkan juga pada taraf internasional sudah memiliki aturan serupa. Sudah menjadi standar sering digunakan karena memiliki beberapa alasan.

Yaitu di mana ini tidak akan membuat distorsi pada objek manusia, bagian tubuh seperti kulit dan rambut akan bisa terlihat jelas di depan kamera. Atau bahkan setelah di cetak foto terlihat lebih hidup ketika menggunakan kode warna biru KTP.

Begitu juga dengan merah, yang memiliki bentuk lebih terang dan berbeda dengan objek manusia. Membuat sering dipilih digunakan dalam berbagai pas foto seperti paspor, SIM, Serta dokumen atau kartu identitas penting lainnya.

Menjadikan ciri yang akan membedakan dengan tahun kelahiran masing-masing orang. Setiap bentuk ini juga memiliki kode berbeda beda. Dan juga terdapat jenis kode tertentu khusus membedakan.

Memilih Kode Warna Biru KTP dan Cara Menggunakannya

Diketahui banyak bentuk yang ada mulai dari terang, sedang, hingga gelap sehingga hal ini mengharuskan penggunaan kode agar lebih akurat. Sudah memiliki standar tersendiri mengenai penggunaan kode sudah ditentukan pemerintah.

Di mana kesesuaian ini harus diikuti agar mempermudah pada proses pendataan. Jangan sampai salah memilih kode atau bahkan Anda salah menentukan warna seharusnya biru malah memilih merah saja karena suka atau yang lainnya.

Kode warna biru KTP atau untuk berkas lain yang sering digunakan adalah #0090f. Namun, mungkin bagi sebagian orang yang sudah terlanjur foto tapi salah dan membutuhkan background warna sesuai maka bisa dilakukan dengan teknik editing foto.

Saat memiliki masalah pada foto dan ingin merubah backgroundnya maka bisa dilakukan dengan cara mengedit. Editing ini tidak sulit bisa Anda coba terapkan dalam kehidupan sehari hari ketika ingin mengedit foto background.

·       Membuka website penghilang background otomatis pada halaman pencarian. Hanya dengan satu klik maka foto Anda sudah bisa menjadi png. Mengikuti perintah dan juga tools yang ada pada website.

·       Selanjutnya setelah latar belakang asli hilang, Anda bisa langsung memilih warna atau bahkan bentuk gambar dari yang diinginkan. Dalam hal ini jika ingin mengganti pada latar belakang biru sebaiknya menggunakan kode #0090f.

·       Lalu Anda tinggal klik unduh pada foto sudah diedit untuk selanjutnya bisa disimpan perangkat ponsel.

Perlu diperhatikan penggunaan warna latar belakang pada pas foto tertentu apalagi saat pas foto formal untuk memenuhi dokumen juga sebagai identitas. Sesuaikan dengan Tahun kelahiran juga saat pemilihan kode warna biru KTP.