Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Cara Mengetahui Telepon Nomor Pribadi yang Mengganggu

Telepon Nomor Pribadi

Fajarmaker.comPanggilan telepon nomor pribadi seringkali dianggap berbahaya karena identitas penelepon tidak tertera sama sekali. Bahkan dalam beberapa kasus telepon yang berasal dari nomor tidak dikenal atau rahasia merupakan salah satu cara untuk melakukan penipuan.

Hal tersebut akhirnya menyebabkan kekhawatiran, terutama jika panggilan dilakukan secara berulang kali atau spam. Ketika telepon diangkat biasanya akan terjadi penipuan untuk mencuri informasi berupa data pribadi, salah satunya adalah data perbankan.

Namun masalah terkait gangguan telepon ini dapat diatasi dengan beberapa cara, seperti menggunakan aplikasi tertentu. Berikut 7 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui telepon yang asalnya dari nomor pribadi atau privat.

Ketahui Identitas Telepon Nomor Pribadi dengan 7 Cara Ini!

Di masa modern ini teknologi canggih semakin berkembang, salah satunya untuk mengetahui telepon dari nomor pribadi. Berikut beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui identitas panggilan privat atau pribadi yang mengganggu.

1.     Gunakan Fitur Voice Mailbox

Cara pertama untuk mengetahui telepon nomor pribadi yang mengganggu cukup mudah yaitu dengan mengaktifkan fitur Voice Mailbox pada handphone. Layanan ini biasanya disediakan oleh pihak operator telekomunikasi.

Tujuan utama penggunaan fitur ini adalah untuk memungkinkan telepon menerima pesan suara saat panggilan tidak diangkat. Saat panggilan privat tidak diangkat maka fitur Voice Mailbox akan aktif secara otomatis.

2.     Install Aplikasi GetContact

Berikutnya Anda dapat menginstall aplikasi GetContact untuk mengetahui identitas panggilan dari nomor privat. Aplikasi tersebut biasanya akan menampilkan beberapa data seperti nomor telepon dan identitas penelepon.

3.     Install Aplikasi TrueCaller

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk mengetahui telepon nomor pribadi adalah TrueCaller. Jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan GetContact karena basis data di dalamnya mencakup nomor dari berbagai negara di dunia.

4.     Gunakan Kode *#30#

Selain menggunakan aplikasi dan fitur dari handphone, identitas nomor privat juga bisa diketahui dengan cara melakukan panggilan balik. Caranya cukup mudah, saat panggilan dari nomor privat masuk langsung ketik kode *#30#.

Tetapi efektivitas atau kemudahan dalam melakukan panggilan balik menggunakan cara ini juga tergantung pada operator seluler. Jadi tidak semua operator bisa mencari identitas nomor pribadi dengan cara menelepon kembali menggunakan kode tersebut.

5.     Lacak dengan Situs Kredibel

Kredibel merupakan sebuah stius website yang sangat mudah diakses untuk mengidentifikasi telepon tidak dikenal. Anda hanya perlu masuk ke situs https://kredibel.co.id/ setelah itu masukkan nomor yang ingin dicari identitasnya.

Untuk menggunakan situs Kredibel Anda tidak perlu melakukan pendaftaran lebih dulu. Tetapi jika ingin mendapat data lebih rinci tentang penelpon, Anda bisa mendaftarkan akun dengan Gmail atau nomor telepon.

6.     Lacak dengan Situs Tellows

Selain Kredibel, Anda juga bisa melacak telepon nomor pribadi menggunakan situs Tellows. Data muncul dalam situs biasanya cukup lengkap, salah satunya adalah kategori nomor telepon apakah dapat dipercaya atau tidak.

7.     Install Aplikasi Showcaller

Cara terakhir untuk mengetahui panggilan tidak dikenal atau privat adalah dengan menginstall aplikasi Showcaller. Dibandingkan dengan 2 aplikasi sebelumnya, Showcaller mampu memberikan data lebih lengkap seperti lokasi terkini penelepon.

Jadi, untuk mengetahui panggilan dengan identitas tersembunyi atau privat ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menggunakan fitur dari layanan telekomunikasi seperti Voice Mailbox, install aplikasi, hingga situs tertentu.

Setelah mengetahui identitas penelepon dan ternyata berbahaya, segera blokir demi menjaga keamanan. Untuk memblokir Anda bisa menggunakan aplikasi yang sama seperti untuk mengetahui telepon nomor pribadi.